Kandungan Lokal Mobil Desa 100%, Harga Rp 60 Juta


Jakarta, autokritik – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuat lima prototipe mobil perdesaan, yang telah menjalani tes jalan sepanjang 100 ribu kilometer (km) dan uji emisi. Pengembangan prototipe ditargetkan rampung Agustus 2017. 

“Hasil pengujian cukup bagus. Namun, kami masih memperbaiki desain dan kelengkapan dari kelima prototipe tersebut,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto usai bertemu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Kementerian Perindustrian, Jumat (3/2).

Menurut dia, Kemenperin akan menggandeng Toyota dan Daihatsu untuk menggarap proyek mobil desa yang dibanderol Rp 60 juta per unit. Dua pabrikan otomotif Jepang itu akan memasok komponen utama, yakni mesin dan transmisi.

Mobil desa menggunakan sistem penggerak 4×4, berjenis pickup, dan dibekali mesin 1.000 cc. Bagian belakang mobil bisa diubah-ubah sesuai aktivitas, sehingga bisa membawa alat atau hasil pertanian.

Airlangga mengatakan, kendaraan perdesaan merupakan wujud kemandirian industri nasional, karena 100% komponennya dari dalam negeri. Kendaraan ini diharapkan mendorong kegiatan ekonomi di perdesaan, termasuk bagi sektor industri kecil dan menengah (IKM).

“Pengembangan mobil ini bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat desa terhadap alat angkut yang laik jalan. Varian dari kendaraan pedesaan ini akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing,” kata dia.

Kemenperin, kata dia, membuka kesempatan kepada siapapun yang ingin memproduksi prototipe mobil desa. Selain menciptakan prototipe, Kemenperin akan menetapkan standar produk serta mentransfer teknologi kepada para peminat yang ingin membuat mobil desa tersebut. Bahkan, Kemenperin optimistis, peluang pasar untuk kendaraan kecil ini masih cukup besar dengan segmen di bawah 1000 cc.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s