Misi Sosial Xenon di Pulau Seram

xenon-xt-dcab-4x4-seram-1

Jakarta, autokritik – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), APM Tata di Indonesia, mengumumkan, mitra diler 3S di Cikarang, PT Surya Tata Mandiri, menjual delapan unit Tata Xenon XT D-Cab 4×4 kepada CV Ambulance Pintar Indonesia (API). API adalah unit usaha karoseri dan spesialis pembuat ambulans.

“Xenon akan digunakan untuk kendaraan ambulans keliling di Pulau Seram bagian timur. Proyek ini merupakan bukti bahwa Tata adalah kendaraan kuat dan irit, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan aplikasi,” ujar Marketing Manager Commercial Vehicles TMDI Wilda Bachtiar, hari ini.

Dia melanjutkan, medan yang berat di Kepulauan Seram dengan dominasi off-road, jalan berbatu, jalan aspal pegunungan dan tanjakan-tanjakannya yang sangat curam sangat cocok dengan profil Xenon yang dibekali torsi mumpuni dan suspensi empuk.

Direktur Utama API Imron Bukhari tertarik dengan Xenon XT 4×4 ketika melihat peluncurannya pada ajang GIIAS 2016. Lalu, dia coba membuktikan kenyamanan, performa, dan konsumsi bahan bakar yang irit sesuai klaim TMDI.

“Semua yang dijanjikan memang terbukti. Oleh karena itu saya beranikan diri menawarkan kepada dinas-dinas kesehatan kabupaten, termasuk Kabupaten Pulau Seram bagian Timur. Dari sisi kenyamanan dan biaya operasional, Xenon XT D-Cab 4×4 sangat cocok untuk dijadikan kendaraan ambulans yang berorientasi pada kenyamanan pasien dan petugas karena irit BBM dan suspensinya empuk,” papar dia.

Saat 8 unit diantar ke Pulau Seram, dia menyatakan, para pengemudi mengaku hanya menghabiskan bensin setengah, sedangkan mobil lain habis total. Tim suku dinas kesehatan Pulau Seram Timur, menurut Imron, juga telah mencoba langsung ambulans Xenon 4×4.

“Mereka awalnya tidak tertarik. Namun, setelah mereka mencoba sendiri dan merasakan kenyamanannya, mereka positif mempercayakan armada puskesmas kelilling kepada Tata Xenon XT D-Cab 4×4,” kata dia.

Perjalanan ke Pulau Seram dari Pelabuhan Ambon keluar masuk gunung, khususnya di rute Pelabuhan Ambon–Waipirit–Seram Timur. Sementara itu, di antara Waipirit–Seram Timur terdapat tanjakan SS (berbentuk S), yang sangat curam dan menanjak selama tiga jam penuh. Adapun total waktu tempuh dari Pelabuhan Ambon ke Pulau Seram Timur mencapai 18 jam. Xenon 4×4 berhasil membuktikan kemampuannya tanpa ada masalah berarti. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s