Aisi: 40% Bikers yang Kecelakaan Tak Punya SIM

Diskusi Mudik Jarak Aman

Jakarta, autokritik – Sebanyak 40% pesepeda motor yang terlibat kecelakaan tidak memiliki SIM. Oleh karena itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) meminta Polri mencermati masalah ini.

“Jadi, masalah kecelakaan harus diselesaikan secara bersama-sama,” ujar Ketua Umum Aisi Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, belum lama ini.

Namun, Gunadi menyatakan, industri sepeda motor tidak dapat mengharuskan pembeli memiliki SIM. Sebab, belum tentu motor yang dibeli digunakan sendiri.

Kecelakaan lalu lintas jalan yang melibatkan sepeda motor selama mudik Lebaran 2015 mencapai 3.633 kasus, stagnan dari 2014. Sepeda motor masih menjadi penyumbang kecelakaan tertinggi, dengan porsi 66% dari total 5.514 kasus.

Berdasarkan data Korlantas Mabes Polri, kecelakaan mudik tahun lalu naik 7% dari 2014 sebanyak 5.144 kasus. Pertumbuhan kecelakaan terbesar dicetak kendaraan khusus sebesar 468% menjadi 108 kasus, kendaraan tidak bermotor 187% menjadi 284 kasus, dan mobil penumpang 38% menjadi 871 kasus. Adapun kasus kecelakaan bus turun 127% menjadi 218 kasus dan

Sementara itu, korban meninggal dunia turun 11% menjadi 646 orang dari 722 orang. Meski turun, jumlah itu masih terbilang tinggi. Sebab, dalam sehari selama periode mudik, rata-rata korban meninggal mencapai 40 orang.

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto menilai, lebih rendahnya korban meninggal selama mudik dibanding hari biasa disebabkan adanya koordinasi antarinstansi pemerintahan. Pemerintah mengalokasikan anggaran khusus untuk mengawal mudik Lebaran.

Oleh karena itu, koordinasi ini harus diteruskan sepanjang tahun agar kasus fatalitas bisa ditekan. Selain itu, manajemen keselamatan mudik perlu ditingkatkan. Alasannya, meski dalam tren turun, kasus kecelakaan yang memicu fatalitas selama mudik masih cukup tinggi.

“Masyarakat pun harus mampu melindungi diri dengan manajemen perjalanan mudik yang sehat dan tepat,” kata Edo Rusyanto dalam diskusi Jurus Perlindungan Keselamatan Mudik. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s