Korban Baru Godzilla Bernama Toyota

Penampakan R34, pembantai Toyota Supra

Penampakan R34, pembantai Toyota Supra

Jakarta, autokritik – Nissan Skyline GT-R alias Godzilla terus memakan korban selama kiprahnya di jagat mobil kencang dunia. Bahkan, generasi kedua R32 secara tidak langsung tega membantai penerusnya, R33.

Adapun penerus R33 bernama R34 sukses membantai sang penantang, Toyota Supra. Ambisi Toyota menghajar Nissan pun pupus. Berikut cerita lengkapnya.

Setelah generasi Skyline R33, generasi kelima dirilis pada 1998 dengan nama Skyline R34 GT-R. Ini merupakan generasi terakhir yang menggunakan nama Skyline, karena generasi seterusnya hanya mengusung nama R35 GT-R.

Skyline R34 GT-R diproduksi selama 1998-2002. Dimensi mobil ini diperkecil dari generasi sebelumnya Skyline R33. Jarak antarsumbu roda juga diperpendek agar handling semakin baik.

Pada era Skyline R34 GT-R juga untuk pertama kalinya GT-R menggunakan transmisi manual 6 percepatan sekaligus sebagai yang terakhir bertransmisi manual, karena generasi selanjutnya sudah otomatis.

Uniknya mobil ini diproduksi hanya dengan setir sebelah kanan. R34 juga menggunakan computerized system untuk mengontrol dapur pacu dengan ditempatkannya layar LCD 5,8 inci di tengah-tengah dashboard.

Mesin yang digendong R34 masih sama dgn mesin generasi R32 dan R33 sekaligus sebagai perpisahan dengan mesin JDM yang paling melegenda RB26DETT, 6 silinder inline 2.600cc DOHC, Twin Turbo Intercooler. Di generasi selanjutnya sudah memakai mesin jenis baru. Sistem penggerak masih mengandalkan all wheel drive ATTESA E-TS Pro sistem yang menjadi salah satu kunci kehebatan GT-R hingga generasi saat ini.

Hal yang menarik, di era R34 adalah hadirnya Toyota Supra JZA80 yang merupakan musuh abadi Skyline R34 GT-R. Akhirnya, GT-R mendapatkan lawan yang sepadan. Sebab, selama era R32 hingga R34, keluarga GT-R tidak punya lawan yang seimbang dari negeranya sendiri Jepang. Pendeknya, Toyota Supra JZA80 dirilis untuk mengalahkan keperkasaan GT-R. Sayang, Supra tewas di tangan Godzilla.

Varian Skyline R34 GT-R yang paling terkenal dan termahal adalah R34 GT-R Nismo Z-TUNE 2, racikan tuner resmi Nissan Motor Japan, di mana mesin RB26DETT dikerek menjadi 2.800cc yang bisa meniupkan tenaga 500 hp. Topan badai my brooo. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 20 unit untuk pasar dunia. (kirosan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s