ICar Terjang Media Lokal

icar asia

Jakarta, autokritik – Pasar otomotif Indonesia dinilai belum menyentuh titik jenuh. Hal itu terlihat pada penjualan kendaraan bermotor roda empat yang masih mencapai satu juta unit. Selain itu, penjualan sepeda motor masih berkisar 7-8 juta unit per tahun.

Seiring dengan itu, ICar Asia Limited yang berbasis di Malaysia dan tercatat di bursa Australia, langsung menerjang bisnis media otomotif Indonesia. Setelah merilis portal mobil123.com, ICAr melepas otospirit.com, yang bakal bersaing dengan media-media milik pemain lokal.

Kehadiran website itu merupakan salah satu strategi ekspansi ICar di Indonesia. Selain memuat berita tentang mobil dan motor, laman itu menyuguhkan balap Formula 1 dan MotoGP sesuai tagline Spirit of Automotive.

“Kehadiran Otospirit di Indonesia dipicu tingginya minat penggemar otomotif akan berita-berita otomotif berkualitas tinggi. Tidak jarang mereka mencari berita-berita otomotif yang menghibur. Tujuan Otospirit adalah menambah pengetahuan para pembaca setia dengan menyajikan ulasan otomotif terbaik dan terbaru,” ujar PC Gan, country manager Mobil123 di Jakarta, kemarin.

Dia melanjutkan, laman itu juga menyodorkan ulasan teknologi, lifestyle, modifikasi, dan gadget. “Semua didedikasikan untuk pembaca agar mereka mendapatkan situs otomotif terbaik,” kata dia.

ICar Asia Limited menilai, prospek otomotif solid, didukung perekonomian Indonesia yang baik, meski dalam dua tahun belakangan stagnan. “Pendapatan nasional per kapita dalam tren naik sejak 2000 – 2013, yakni dari Rp 6,7 juta – Rp 9,8 juta berdasar harga konstan,” tulis ICar Asia.

Artinya, penjualan kendaraan bermotor tak bisa dibendung karena sudah merupakan kebutuhan sekaligus gaya-hidup (lifestyle) masyarakat. Hal itu juga terlihat dari mulai gencarnya tiga brand sepeda motor asal Jepang yang meniagakan motor-motor besar dan masuknya motor besar dari brand-brand Eropa ke pasar Indonesia.

ICar Asia Limited juga mengendalikan one2car.com di Thailand  serta Carlist.my di Malaysia. (snx) 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s