Toti Akan Bubarkan Diler Nissan-Datsun

Iustrasi Nissan

Iustrasi Nissan

Jakarta, autokritik – Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang baru Antonio Zara alias Toti berencana memisahkan diler Nissan dan Datsun di kota-kota besar seperti Jakarta. Ini dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Nissan, yang tahun lalu penjualannya ambles 25% menjadi 25 ribu unit.

Toti juga menargetkan pangsa pasar Nissan mencapai 8% dalam tiga tahun ke depan, naik dari 2015 sebesar 2,4%. Tahun ini, pangsa pasar ditargetkan sama seperti 2015.

“Pangsa pasar yang fair bagi Nissan adalah 8% atau sama seperti kiprah Nissan di pasar mobil dunia. Ini tekanan besar bagi saya, tapi saya akan berusaha untuk mencapai angka itu,” ujar Toti itu di Jakarta, Rabu (27/4).

Toti merupakan pengganti Steve Ardianto yang mundur dari kursi panas NMI untuk berbisnis sendiri. Toti sebelumnya memimpin Nissan Filipina. Selama karirnya di Filipina, Toti berhasil mengerek penjualan Nissan hingga 65% dalam waktu setahun.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan tahun lalu turun 25% menjadi 25 ribu unit, lebih besar dari pasar 16%. Sementara itu, penjualan Datsun mencapai 29.358 unit, naik 43% dari 20.502 unit. Dengan demikian, total penjualan Nissan dan Datsun sekitar 54 ribu unit.

Toti akan menggunakan semua sumber daya Nissan di Indonesia untuk menggenjot penjualan. Konkretnya, NMI akan memperkuat kerja sama dengan dua distributor, Grup Indomobil dan Grup MPM, guna menambah jumlah diler menjadi 150 dari saat ini 120.

Selain itu, dia menuturkan, NMI berencana menyediakan sistem belanja suku cadang online untuk mempermudah konsumen. NMI juga berniat menyediakan suku cadang lapis kedua dengan harga lebih murah. Terakhir, NMI akan memisah diler Nissan dan Datsun agar penjualan kedua merek itu sama-sama berkibar.

“Pemisahan diler akan dilakukan di kota-kota besar, seperti Jakarta,” kata dia.

Dia memastikan, NMI tidak akan merilis model baru tahun ini. Namun, tahun depan, dia menegaskan NMI akan habis-habisan di pasar mobil Indonesia dengan melansir sejumlah model baru. “Fokus kami selain di MPV adalah crossover, yang penjualannnya bakal terus melesat,” kata Toti. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s