Astra Setor Rp 3,6 Triliun ke Singapura

Gedung Astra di Sunter, Jakarta Utara

Gedung Astra di Sunter, Jakarta Utara

Jakarta, autokritik – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUSPT) PT Astra International Tbk (ASII) menyepakati pembagian dividen tunai Rp 7,1 triliun atau Rp 177 per saham untuk tahun buku 2015. Dari jumlah itu, sebanyak 50,9% atau Rp 3,6 triliun mengalir ke Jardine Cycle & Carriage Ltd, anak usaha Jardine Matheson Group Inggris yang berbasis di Singapura.

Jardine adalah pemegang saham mayoritas Astra dengan kepemilikan 50,9%. Perusahaan investasi ini membeli saham Astra pada 1999.

Sebelumnya, Astra membagikan dividen interim sebesar Rp 64 per saham 21 Oktober 2015, sehingga sisanya sebesar Rp 113 per saham akan dibayarkan pada 27 Mei 2016 kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham 11 Mei 2016 pukul 16:00 WIB.

Selanjutnya, RUPST memberikan wewenang kepada direksi perseroan untuk melaksanakan pembagian dividen tersebut dan untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan. Pembayaran dividen akan dilakukan dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan pajak, Bursa Efek Indonesia, dan ketentuan pasar modal lainnya yang berlaku.

“Adapun sisa laba bersih Rp 7,29 triliun dibukukan sebagai laba ditahan,” tulis Astra, Rabu (27/4). (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s