Sang Penerus Terlibas Gejolak Harga Minyak

kenmeri II

CATATAN SEJARAH NISSAN GT-R
Jakarta, autokritik – Nissan Skyline GT-R kini sudah masuk generasi keenam. Kemarin, dibahas generasi pertama KPGC10 GT-R “Hakosuka”, dan sekarang waktunya generasi kedua KPGC110 GT-R, sedan dua pintu yang biasa disapa Kenmeri.

Hakosuka namanya melambung tinggi setelah mampu membabat mobil-mobil Eropa. Sayang, penerusnya “tewas” dilibas membubungnya harga minyak.

Istilah itu lahir sebagai efek dari iklannya kala itu, yang menampilkan sepasang muda mudi berna Ken dan Mery yang sedang berkendara di pedesaan Hokaido, Jepang. Diproduksi Januari-April 1973, mesin yang dgunakan masi sama dengan Hakosuka GT-R, yakni Nissan S20 DOHC 6 silinder inline, 2000c 16 valve, karburator, 5 speed manual, yang menembakkan tenaga 160 HP nonturbo.

Penampakan generasi kedua Skyline GTR, Kenmeri

Penampakan generasi kedua Skyline GTR, Kenmeri

Di generasi ini pulalah Nissan Skyline GT-R untuk kali pertama menggunakan rem cakram di empat rodanya. Sayang, usia Kenmeri sangat singkat, hanya empat bln, karena saat kelahirannya dunia sedang dilanda krisis minyak global yang scara langsung memukul industri otomotif dunia, termasuk Jepang.

Kenmeri berakhir dan cuma diproduksi sebanyak 197 unit di seluruh dunia. Tak banyak prestasi yang dia torehkan selain dianggap sebagai mobil langka yang menjadi incaran para kolektor. Setelah googling sana sini, ternyata Indonesia kebagian 1 unit Kenmeri, dengan pelat nomor B 2874 EV. (kirosan)

Bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s