Pangsa Pasar Grup Astra Jebol ke Bawah 50%

Foto Gedung PT Astra International Tbk
Jakarta, autokritik – Penjualan mobil Grup Astra turun 7,5% menjadi 46.182 unit Maret 2016, dibandingkan bulan sama tahun lalu sebanyak 46.182 unit. Penurunan itu lebih besar dari pasar yang hanya 5,5% menjadi 93.990 unit.

Alhasil, pangsa pasar Grup Astra jeblok ke bawah 50% atau tepatnya 49%. Meski begitu, Astra masih menjadi penguasa pasar mobil domestik melalui dua merek andalan Toyota dan Daihatsu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang dirilis Kamis (14/4), penjualan Toyota bulan lalu mencapai 30.083 unit, sedangkan Daihatsu 14.504 unit. Adapun penjualan Isuzu mencapai 1.449 unit, Peugeot 4 unit dan UD Trucks 142 unit. Akumulasi penjualan mobil Grup Astra mencapai 127.263 unit, dengan pangsa pasar 48%.

Sementara itu, penjualan motor Honda yang diageni Astra melesat 21% menjadi 440.171 unit Maret 2016, di atas pasar yang hanya 7,3% menjadi 563.341 unit. Tak ayal lagi, pangsa pasar melompat dari 69% Februari 2016 menjadi 78% Maret lalu.

“Di tengah kondisi pasar yang belum begitu stabil, Honda mampu bertahan dengan mencatatkan penjualan positif dibandingkan bulan sebelumnya. Kami berharap peningkatan ini menjadi awal dari rebound-nya pasar motor nasional,” ujar General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, belum lama ini. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s