Honda Makan 78% Pasar Motor Domestik, yang Lain Boncos

Marc Marquez menjajal CBR 150 anyar di Sentul, belum lama ini.

Marc Marquez menjajal CBR 150 anyar di Sentul, belum lama ini.

Jakarta, autokritik – Penjualan motor Hondae melesat 21% menjadi 440.171 unit Maret 2016, di atas pasar yang hanya 7,3% menjadi 563.341 unit. Tak ayal lagi, pangsa pasar melompat dari 69% Februari 2016 menjadi 78% Maret lalu.

Itu artinya, merek lain seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS cuma kebagian 22%. Pangsa pasar empat merek itu terus boncos digerus Honda.

Honda menggila lantaran model skutik bulan lalu terjual sebanyak 377.274 unit atau menguasai 82,7% pasar skutik nasional. BeAT eSP menyumbangkan penjualan terbanyak, sebanyak 193.147 unit, diikuti Vario eSP 140.054 unit, Scoopy eSP sebanyak 42.778 unit, Honda Spacy 686 unit, dan Honda PCX 608 unit.

Sementara, penjualan bebek Honda bulan lalu mencapai 42.399 unit dengan pangsa pasar 73,6% di segmen bebek nasional. Pada segmen ini, Honda Revo series memberikan kontribusi terbanyak yaitu 19.331 unit, Supra series 16.359 unit, Sonic 150R 3.899 unit, dan Blade 2.810 unit.

“Di tengah kondisi pasar yang belum begitu stabil, Honda mampu bertahan dengan mencatatkan penjualan positif dibandingkan bulan sebelumnya. Kami berharap peningkatan ini menjadi awal dari rebound-nya pasar motor nasional,” ujar General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, hari ini. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s