Digebukin Thailand dan Vietnam, Gaikindo Minta Bantuan Pemerintah

Sumber: Indopos

Sumber: Indopos

Jakarta, autokritik – Industri mobil Indonesia kalah bersaing dengan Thailand di pasar ekspor. Bahkan, bukan mustahil, Vietnam juga bakal menghajar Indonesia ke depannya, seiring aksi pemerintah setempat mengobral insentif untuk industri otomotif.

Seiring dengan itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta bantuan pemerintah berupa insentif ekspor untuk menghadapi dua negara itu. Per Februari 2016, ekspor mobil dalam bentuk utuh (CBU) ambles 33% menjadi 22.246 unit, dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 33.458 unit.

Industri mobil meminta insentif pembebasan pajak dalam jangka waktu tertentu (tax holiday) untuk mendorong pengembangan industri komponen. Tax holiday sebaiknya diberikan kepada perusahaan komponen yang baru masuk selama 5-10 tahun.

Selain itu, industr mobil meminta pemerintah memangkas PPnBM sedan kecil dari 30% menjadi 10%. Hal ini diharapkan membuat harga sedan turun, sehingga volume penjualan meningkat. Saat itu terjadi, ekspor sedan kecil dapat meningkat, karena berdaya saing tinggi.

Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiharto mengatakan, pengembangan industri komponen harus dilihat secara serius, sehingga perlu mendapatkan insentif tax holiday. Langkah ini dilakukan Thailand dan Vietnam untuk menarik investor.

Seharusnya, kata dia, hal itu juga bisa diterapkan di Indonesia. Saat ini, Vietnam menurut dia gencar memberikan insentif tax holiday hingga 10 tahun untuk industri komponen. Oleh karena itu, tidak tertutup kemungkinan Indonesia bisa dikalahkan Vietnam.

Jongkie menilai, pemerintah harus mengundang industri komponen masuk. Sebab, mustahil mengejar target produksi 2,5 juta unit pada 2020 jika komponen masih banyak diimpor. “Tax holiday penting buat menarik investasi otomotif. Ini akan menjadi pertimbangan prinsipal. Pemerintah boleh punya target, tapi kalau insentifnya kurang bagaimana bisa mengejarnya?,” kata Jongkie, belum lama ini. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s