Wah, Otomotif Disebut Biang Keladi Kerusakan Lingkungan

ilustrasi otomotif

Jakarta, autokritik – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyebut industri otomotif sebagai salah satu penyumbang terbesar kerusakan lingkungan di Indonesia. Oleh karena itu, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyampaikan empat rekomendasi kepada industri otomotif agar menjadi industri ramah lingkungan.

Unit Pendidikan dan Pengkaderan Walhi Muhammad Islah menyatakan, rekomendasi pertama adalah mengarahkan industri agar memproduksi bus-bus besar sebagai kendaraan massal yang ramah lingkungan. Saat ini, yang terjadi adalah industri otomotif justru lebih terkonsentrasi memproduksi kendaraan pribadi.

“Pemerintah masih belum berani mengambil sikap yang progresif untuk mengarahkan industri otomotif menjadi ramah lingkungan,” kata Islah di Jakarta, baru-baru ini.

Kedua, menerapkan standar emisi yang lebih tinggi dan secara progresif mendukung pengayaan teknologi kendaraan bertenaga surya atau listrik. Ketiga, anggaran pembangunan untuk membangun jalan tol dalam kota digunakan untuk membiayai sarana dan prasarana moda transportasi massal. Keempat, mengurangi banyaknya mobilitas yang tidak perlu, misalnya, dengan regulasi yang memungkinkan permukiman untuk karyawan di kawasan industri.

Staf Ahli Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Budi Prasetyo mengatakan, para pelaku industri telah memiliki teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan hidrogen. Namun, industri menunggu kebijakan pemerintah sebagai regulator untuk memproduksi massal kendaraan seperti itu.

Sementara itu, Walhi menyatakan, kendaraan bermotor menyumbang 23% pencemaran udara di kota-kota besar. Organisasi ini berharap pemerintah bisa membuat regulasi-regulasi progresif untuk mendorong produksi kendaraan bermotor ramah lingkungan yang rendah emisi dan hemat BBM. (Investor Daily)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s