Angkasa Pura Diminta Tertibkan Taksi Bandara

blue bird
Jakarta, autokritik — PT Angkasa Pura (AP) II diminta menertibkan taksi bandara dengan membuat standar pelayanan yang tegas, sehingga hak penumpang tidak dirugikan. Ini penting sebelum AP II menerapkan first in first out (FIFO) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi.

“Pada dasarnya skema FIFO untuk taksi di bandara bagus, tapi harus dibuat standar yang jelas dan baik, serta ada kriteria usia kendaraan yang digunakan,” kata Tulus Abadi di Jakarta, Senin (30/11).

AP II berencana menguji coba skema FIFO taksi di Bandara Soekarno-Hatta akhir Desember 2015. Sistem FIFO mengharuskan masyarakat untuk naik taksi apa pun yang datang terlebih dahulu ke area pengangkutan penumpang di bandara.

Menurut Tulus, standar minimal untuk armada taksi juga harus diterapkan, misalnya, dengan terkait usia kendaraan yang dipergunakan. Dia mencontohkan, taksi yang bisa beroperasi di bandara hanya yang berusia 0-3 tahun atau 0-4 tahun. “Lewat dari lima tahun, taksi itu tak bisa lagi beroperasi di bandara dan harus ada pengawasan yang ketat dan jelas” ucap dia.

Sebelum menjalankan FIRO, kata dia, pihak AP II harus mendiskusikan dengan pihak pengelola taksi, sehingga bisa dibuat standar mutu layanan yang baik, jelas, dan tegas yang pada akhirnya tidak melanggar hak konsumen. “Harus dibuat persyaratan yang ketat dan standar minimal tak ada lagi taksi yang tak memenuhi syarat bisa mengangkut penumpang,” ujar dia.

Hal lain yang perlu mendapat perhatian dari AP II sebelum diterapkan FIFO, tegas dia, adalah pengelola bandara harus bisa menghapuskan keberadaan taksi gelap, mengingat keberadaan mereka sangat merugikan pengelola taksi resmi. “Kalau taksi gelap tak bisa dihapuskan maka pelaksanaan FIFO akan sia-sia saja,” tukas dia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s