KPBB: Pertalite Bikin Mesin Jebol

mitsubishi pertalite

Jakarta, autokritik — Hari ini, Pertamina mulai memasarkan pertalite RON 90 dengan harga Rp 8.400 per liter. Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) menilai, pertalite adalah jenis bensin sia-sia, karena tak memenuhi persyaratan kualitas untuk kendaraan bermotor di Indonesia.

KPBB dalam keterangan resmi menyatakan, sejak 2007, semua varian sepeda motor dan mobil memiliki compression ratio (CR) minimal 9:1. Sebagai contoh, sepeda motor Honda Scoopy memiliki CR 9,2:1, mobil murah dan MPV kelas 1.500 cc ke bawah rata-rata memiliki 10:1, mobil kelas menengah 11:1, mobil mewah 11/12:1. Kendaraan dengan CR 9:1 membutuhkan bensin dengan RON minimal 92.

Sementara itu, kendaraan dengan CR 10:1 ke atas membutuhkan bensin RON minimal 95. Dengan demikian, Scoopy membutuhkan bensin RON 92 sekelas pertamax, sedangkan mobil murah/MPV/mobil mewah membutuhkan bensin RON 95 alias sekelas pertamax plus.

“Praktis tak ada lagi kendaraan yang membutuhkan bensin dengan RON di bawah 92. Jika dipaksakan menggunakan bensin yang tak sesuai kebutuhan RON-nya, kendaraan akan ngelitik (knocking),” ujar KPBB.

Konsekuensinya, mobil menjadi tak bertenaga karena bensin dengan RON lebih rendah kebutuhan
akan terbakar oleh kompresi piston di ruang pembakaran mesin (self ignition), bukan terbakar oleh percikan api busi. Efeknya konsumsi bensin lebih boros sekitar 20%, karena terbakar percuma tanpa menghasilkan tenaga dan emisi yang dihasilkan lebih tinggi.

“Akan terjadi detonasi yang menyebabkan kerusakan pada piston dan lain-lain karena efek self ignition. Jadi, pemasaran pertalite 90 akan merugikan konsumen dan secara makro merugikan ekonomi nasional, selain menabrak UU 32/2009, PP 41/1999, dan Kepmen LH 141/2003 serta UU 8/1999,” tegas KPBB. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s