RI Bidik Posisi Puncak Industri Otomotif Asean

wpid-etiosin.jpg
Jakarta, autokritik — Indonesia membidik posisi puncak di industri mobil Asean, menggusur Thailand. Saat ini, Indonesia masih merajai pasar, namun kalah oleh Thailand dari sisi produksi.

Tahun lalu, produksi mobil Indonesia mencapai 1,3 juta unit, terdiri atas alokasi domestik sebanyak 1,1 juta unit dan ekspor 200 ribu unit. Adapun produksi Thailand sekitar 2,5 juta unit, dengan volume ekspor setengah dari produksi. Pasar mobil Indonesia mencapai 1,2 juta unit tahun lalu, sedangkan Thailand 881 ribu unit.

Kapasitas produksi terpasang industri mobil Indonesia mencapai 2 juta unit per tahun ini atau nyaris sama dengan Thailand. Namun, Thailand sanggup mengekspor lebih banyak, karena menjadi basis produksi sedan, SUV, dan kabin ganda. Sementara itu, Indonesia hanya menjadi basis produksi MPV.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan mengungkapkan, industri otomotif Indonesia tengah menggarap pekerjaan besar, yaitu bekerja keras menyalip Thailand dalam produksi serta ekspor mobil dan memperkuat daya saing industri otomotif nasional agar tidak tergerus produk impor. Kedua hal itu dilakukan untuk memenangi persaingan menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean awal 2016.

“Indonesia telah mampu menjadi negara produsen otomotif nomor dua di Asean setelah Thailand. Kita harus bisa menyalip karena industri kita mampu serta pasar ekspor dan domestik yang besar,” kata Menperin, Senin (6/7.

Potensi pasar domestik Indonesia, kata dia, ditopang oleh populasi kelas menengah. Menurut data AC Nielsen pada 2013, pertumbuhan jumlah penduduk dengan kategori kelas menengah Asean pada 2012-2020 sebesar 110,5%, sedangkan Indonesia mencapai 174%, tertinggi di antara seluruh negara Asean.

“Hal ini mengindikasikan permintaan kendaraan bermotor dalam negeri akan semakin meningkat. Ini sekaligus memantapkan optimisme kita bisa mengubah paradigma menjadi pengekspor dan jadi salah satu basis produk otomotif di Asean dan dunia,” ujarnya. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s