Pasar Bebek Ambruk 40%

Serbuan Otomotif Jepang

Jakarta, autokritik–Pasar motor bebek bengep total tahun ini. Penurunan pasar bebek bahkan mencapai 40%, menjadi 344 ribu unit per Mei tahun ini. Jumlah itu lebih besar dibandingkan total pasar sebesar 23% menjadi 2,6 juta unit.

Seiring dengan itu, porsi bebek terhadap total pasar melorot dari 17% menjadi 12%. Pasar motor kini dikuasai skutik dengan kontribusi 75%, sedangkan motor sport 12%.

“Penjualan Honda Revo kini tinggal 20 ribu unit per bulan. Tahun ini, penjualan bebek tajam sekali. Penjualan Revo bulan lalu turun 10% dibanding bulan sebelumnya” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya di Jakarta, kemarin.

Menurut Margono, pasar bebek murah (low end) paling terpukul perlambatan ekonomi nasional. Adapun pasar skutik yang diisi Beat dan sebangsanya penurunannya tidak sebesar bebek.

Dia menilai, perlambatan ekonomik membuat masyarakat memprioritaskan belanja bahan pokok dibanding motor. Apalagi, harga komoditas yangb jebol membuat masyarakat luar Jawa menahan pembelian. Alhasil, pasar motor rontok, karena pasar luar Jawa-lah yang selama ini menopang pertumbuhan penjualan. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s