Astra Babak Belur

Jakarta, autokritik– Astra babak belur di industri mobil Indonesia. Pangsa pasar terus merosot, seiring jebloknya penjualan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pangsa pasar Astra bulan lalu melorot menjadi 50% dibanding bulan sebelumnya 57%. Volume penjualan ambles dari 46 ribu unit menjadi 39 ribu unit.

Akumulasi penjualan mobil Astra, yang terdiri atas Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot, hingga Mei 2015 turun 19,44% menjadi 223.016 unit, dibanding periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 276.839 unit. Penurunan yang lebih besar dari pasar tersebut membuat pangsa pasar Grup Astra juga berkurang dari 52% menjadi 50%.

Seluruh merek mobil yang dipegang Astra membukukan penurunan penjualan, di mana yang terparah adalah Toyota, yakni 24,59% menjadi 139.173 unit, Daihatsu 5,97% menjadi 74.658 unit, Isuzu 25,69% menjadi 9.162 unit, dan Peugeot 11,53% menjadi 23 unit. Sementara itu, UD Trucks gagal menjual satu pun unit hingga Mei. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s