Toyota-Daihatsu Boncos, Laba Tunas Ridean Jeblok

tunas daihatsu

Jakarta, autokritik — Laba bersih Grup Tunas tahun lalu jeblok 18% menjadi Rp 253 miliar, dibanding 2013 Rp 307 miliar. Pendapatan stagnan pada level Rp 11 triliun.

Penurunan laba bersih disebabkan kian ketatnya persaingan di bisnis mobil nasional. Keadaan ini membuat penjualan Toyota anjlok dan Daihatsu tidak berkembang. Tunas adalah salah satu diler Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Selain dua merek itu, Tunas memiliki diler BMW, Isuzu, dan Peugeot.

Tahun lalu, penjualan Toyota melorot 8% menjadi 399 ribu unit, pertama dalam empat tahun terakhir. Pangsa pasar terkikis 2% menjadi 33%. Sementara itu, penjualan Daihatsu hanya naik tipis menjadi 185 ribu unit. Penyebab semua ini adalah beringasnya penetrasi Honda, yang sukses mencetak pertumbuhan penjualan 73%.

Ketatnya persaingan memaksa diler membanting harga jual mobil. Ini berimbas pada menciutnya margin semua lini, termasuk laba bersih.

“Grup mengalami penurunan laba bersih, terutama karena ketatnya persaingan pada bisnis mobil, keuntungan yang lebih rendah dari penjualan mobil bekas sewa, dan peningkatan biaya bunga. Untungnya, penjualan sepeda motor masih tumbuh dan kontribusinya lebih kuat dari bisnis pembiayaan. Prospek 2015 diperkirakan lebih menantang seiring kian kompetitifnya pasar mobil,” papar Bos Tunas Rico Setiawan, hari ini.

Dia mencatat, penjualan mobil Tunas turun 2% menjadi 53.661 unit, sedangkan motor meningkat 18% menjadi 209.228 unit, ditunjang oleh meningkatnya harga minyak sawit yang mengerek daya beli masyarakat sekitar diler-diler Tunas. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s