Proton Babak Belur di Indonesia

Proton(auto)
Jakarta, autokritik — Proton sudah tidak bisa bersaing dengan pemain Jepang, Korsel, AS, Eropa, bahkan India di pasar mobil Indonesia. Merek mobil asal Malaysia ini bisa dibilang nyaris mati di Nusantara.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Proton di Indonesia tahun lalu hanya 523 unit atau hanya kebagian 0,04% dari total pasar 1,2 juta unit. Alih-alih melawan prinsipal Jepang, melawan pemain Korsel, AS, dan Eropa saja Proton babak belur.

Oleh karena itu, Proton antusias menjadi mitra PT Adiperkasa Citra Lestari, perusahaan milik AM Hendropriyono, salah satu tim sukses Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2014, untuk menggarap proyek mobnas.

Bos Proton sekaligus mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan, menilai pasar mobil Indonesia sangat potensial untuk digarap, karena penjualan telah menembus 1 juta unit per tahun. Indonesia adalah pasar otomotif terbesar Asean, baik mobil maupun motor. Dalam beberapa tahun ke depan, pasar mobil Indonesia berpotensi menembus 4 juta unit per tahun.

“Kami ingin membuat perusahaan patungan berekspansi dan memproduksi mobil Asean. Ini tentunya akan melibatkan tambahan investasi dari negara anggota Asean lainnya,” papar dia.
Jepang menguasai 96% pasar mobil Indonesia dan sisanya diberikan ke Korsel, Eropa, dan AS.

Kantor berita AP menilai, proyek tersebut dapat menyelamatkan Proton yang di ambang kebangkrutan. Alasannya, pasar Indonesia sangat besar dan dapat dimanfaatkan Proton untuk memacu penjualan.

Proton babak belur di pasar domestik. Pada 10 tahun lalu, Proton menguasai 50% pasar mobil Malaysia. Namun, tahun lalu, pangsa pasar jeblok hingga tinggal 21%. Ekspor Proton juga melorot. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s