Indomobil Tarik Furukawa Bangun Pabrik di RI

image

Jakarta, autokritik–Grup Indomobil memboyong produsen aki asal Jepang Furukawa untuk berinvestasi di Indonesia. Kedua perusahaan berkongsi untuk membangun pabrik dengan investasi awal Rp 216 miliar di Purwakarta, Jawa Barat.

Kongsi bisnis itu bernama PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing, di mana sebanyak 51% sahamnya dimiliki Furukawa dan sisanya dipegang PT Central Sole Agency, anak usaha Indomobil.

Menteri Perindustrian Saleh Husin  dalam sambutannya pada acara Peresmian Pabrik Furukawa, kemarin, menyatakan, Indonesia kini menjadi salah satu basis produk otomotif di Asean, bahkan di dunia. Dia menilai investasi Furukawa sangat berarti bagi perekonomian Indonesia, karena tidak hanya menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup signifikan, tetapi juga melibatkan sumber daya lokal, termasuk suplier bahan baku dan komponen lokal.

“Hal ini akan memperkuat struktur industri otomotif nasional,” tegas Menperin dalam siaran pers, kemarin.

Di samping itu, demikian Menperin, pembangunan pabrik ini diharapkan akan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap aki impor yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan semakin meningkatnya produksi dan penjualan otomotif di negeri ini.

Oleh karena itu, dia menyatakan, pemerintah bertekad untuk senantiasa menjaga, meningkatkan, dan menyempurnakan iklim usaha yang kondusif agar para investor terus mendapatkan kepastian berusaha yang lebih baik dalam menyusun pengembangan industrinya secara lebih terukur dan terencana di Indonesia.

Hal tersebut telah tercermin dari berbagai kebijakan yang telah dilakukan guna meningkatkan iklim ivestasi dan iklim usaha secara keseluruhan seperti tax alowance, tax holiday, BMDTP, serta berbagai kebijakan lain guna menjaga momentum investasi dan meningkatkan daya saing industri. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s