VW Berpeluang Hajar Toyota

wpid-etiosin.jpg

Jakarta, autokritik — Toyota Motor Corporation (TMC), perusahaan otomotif terbesar Jepang, memperkirakan penjualan tahun ini turun 1% menjadi 10,15 juta unit, seiring melemahnya penjualan di Indonesia dan Jepang, serta beberapa pasar kunci utama. Ini merupakan proyeksi penurunan penjualan pertama sejak 2000.

Tahun lalu, penjualan Toyota di Indonesia turun 8% menjadi 399 ribu unit, pertama dalam empat tahun terakhir. Pangsa pasar terkikis 2% menjadi 33%.

Sejalan dengan itu, Volkswagen AG berpeluang mengkudeta posisi puncak pasar mobil dunia dari tangan Toyota. Tahun lalu, penjualan Toyota mencapai 10,23 juta unit, sedangkan VW 10,14 juta unit. Raksasa mobil AS General Motors (GM) berada di peringkat tiga dengan penjualan 9,9 juta unit.

CEO Toyota Akio Toyoda menyatakan, pihaknya tidak akan jor-joran dalam memacu volume penjualan tahun ini. Sebaliknya, TMC mengincar peningkatan margin, setelah kapasitas produksi terpasang naik tajam.

Toyoda telah mengumumkan pembekuan pembangunan pabrik baru dalam tiga tahun ke depan atau hingga Maret 2016 agar bisa lebih untung. Toyota merebut posisi pertama pasar mobil dunia dari tangan GM pada 2012.

Tahun ini, Toyota memperkirakan penjualan di Cina turun, seiring perlambatan ekonomi dan meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Tokyo. Sebaliknya, rival Toyota, VW, sangat terbantu dengan penjualan di Cina, sehingga sukses membukukan pertumbuhan penjualan 4,2% tahun lalu.

“Rencana ekspansi agresif VW bakal membantu menyalip Toyota tahun ini,” tulis Reuters, hari ini. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s