Pasar Motor 2014 Sesuai Target Aisi

wpid-img_20141016_015252.jpg

Jakarta, autokritik — Penjualan  sepeda motor domestik tahun lalu mencapai 7,9 juta unit, sesuai target Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi). Jumlah itu naik 1,7% dari 2013 sebanyak 7,7 juta unit. Dengan demikian, rata-rata penjualan motor per hari sekitar 21 ribu unit di seluruh penjuru republik ini.

Aisi awalnya membidik penjualan sebanyak 8 juta unit pada 2014. Namun, tidak kondusifnya ekonomi makro membuat target itu dipangkas menjadi 7,9 juta unit.

Bulan lalu, penjualan motor mencapai 561 ribu unit, turun 4,4% dibanding November sebanyak 587 ribu unit. Peta persaingan belum berubah, di mana Honda masih memuncaki pasar motor domestik dengan torehan penjualan 5 juta unit. Pangsa pasar 64%.

Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS menguntit di belakang dengan penjualan masing-masing 2,3 juta unit, 275 ribu unit, 165 ribu unit, dan 22 ribu unit. Kanzen, motor nasional milik Rini Soemarno, masih boncos, kendati sang empu sudah dapat kursi menteri BUMN dari Jokowi.

Aisi menargetkan penjualan tahun ini stabil dibanding 2014 sebesar 7,9 juta unit. Pasar motor ditaksir mampu menembus 10 juta unit pada 2017. (snx)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s