Penjualan Honda Melesat 74%

HRV

JAKARTA — Honda meraih penjualan sebanyak 159.147 unit sepanjang 2014, meningkat sebesar 74% dibanding 2013 sebesar 91.493 unit. Desember lalu, penjualan Honda mencapai 5.047 unit.

Tiga produk Honda yang menjadi motor pertumbuhan penjualan adalah Mobilio, Brio Satya, dan Jazz. Mobilio yang baru diperkenalkan pada awal 2014 langsung menjadi produk terlaris Honda dengan torehan penjualan 79.288 unit. Pada Desember 2014, Mobilio meraup penjualan sebesar 1.134 unit.

Penjualan nomor dua dipasok mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Satya sebesar 26.683 unit. Pada bulan lalu, penjualan Satya mencapa 1.751 unit. Sementara itu, New Honda Brio yang menempati kelas city car terjual sebanyak 12.010 unit tahun lalu, dengan penjualan sebanyak 834 unit pada Desember.

Honda Jazz menjadi penyumbang penjualan nomor tiga untuk Honda dengan total penjualan sebesar 22.329 unit. Model yang baru meluncurkan generasi ketiganya akhir Juni 2014 ini terjual sebanyak 1.106 unit pada Desember 2014.

Selanjutnya, sport utility vehicle (SUV) CR-V terjual sebanyak 8.551 unit. MPV Freed meraih penjualan sebanyak 6.517 unit dan Odyssey 642 unit. Di segmen sedan, penjualan City mencapai 1.983 unit, Civic 630 unit, Accord 395 unit, dan CR-Z 119 unit.

“Secara umum, penjualan Honda tahun lalu menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif dibanding tahun sebelumnya. Produk-produk baru seperti Mobilio dan Satya, serta penyegaran yang dilakukan untuk produk lainnya mampu mendorong peningkatan penjualan yang kami raih tahun ini,” ujar Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy dalam keterangan resmi, Rabu (7/1).

Dia optimistis tren ini berlanjut pada 2015. Pemicunya adalah peluncuran produk baru seperti HR-V serta produk-produk lama yang masih prospektif.

Daihatsu juga mencetak kinerja positif tahun lalu. Meskipun terjadi pelemahan kurs dan kenaikan tingkat suku bunga, serta kompetisi yang semakin ketat, penjualan Daihatsu tahun lalu mencapai 185.226 unit atau melebihi target 185 ribu unit.

Angka itu dihitung berdasarkan pengiriman mobil dari pabrik ke dealer (wholesales). Kontribusi penjualan terbesar dicetak Gran Max sebanyak 71.276 atau 38,5%. Perinciannya, penjualan Gran Max pick up mencapai 57.151 unit (30,9%) dan Gran Max minibus 14.125 unit (7,6%).

Selanjutnya, penjualan MPV Xenia mencapai 46.710 unit (25,2%), diikuti mobil murah Astra Daihatsu Ayla sebanyak 40.775 unit (22%). Penjualan SUV Terios mencapai 18.774 unit (10,1%), Luxio sebanyak 4.304 unit (2,3%), dan Sirion 3.387 unit (1,8%).

Sementara itu, penjualan ritel (dari dealer ke konsumen) Gran Max mencapai 69.620 unit atau 37,9% dari total penjualan. Perinciannya, penjualan Gran Max pick up mencapai 55.010 unit (29,9%C) dan Gran Max minibus 14.610 unit (8%).

MPV Xenia terjual sebanyak 46.517 unit (25,3%), Ayla 40.658 unit (22,1%). Sementara itu, penjualan ritel Terios mencapai 18.865 unit (10,3%), New Luxio 4.455 unit (2,4%), dan Sirion sebanyak 3.587 unit (2%).

”Kami sangat bersyukur atas pencapaian sepanjang 2014 dan berterimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada Daihatsu, sehingga wholesales Daihatsu mampu mencapai 185.226 unit,” kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Jakarta, Selasa (6/1). (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s