Chevy Jaya di Facebook, Boncos di Pasar

chevy

Jakarta, autokritik — Pada November 2014, Facebook fanpage Chevrolet Indonesia menempati posisi puncak kategori otomotif dengan tingkat interaksi tertinggi. Dengan 265.397 pengguna, interaksi (engagement) fanpage Chevy melonjak 213%, berdasarkan kalkulasi Spotrender, perusahaan riset profesional yang khusus menganalisis media sosial.

Sayang disayang, kejayaan di FB tidak diikuti di pasar. Per November 2014, penjualan Chevy hanya mencapai 9.150 unit. Chevy terlempar dari posisi 10 besar dan kini bertengger di peringkat 11.

Tahun lalu, total penjualan merek mobil AS di bawah General Motors ini mencetak penjualan 15.649 unit. Chevy dipastikan tidak bakal menyamai torehan penjualan tahun lalu karena waktu yang tersisa hanya sebulan.

Meski begitu, Chevy Indonesia tetap antusias menyambut keberhasilan di FB. Buktinya, mereka menyebar rilis ke kalangan wartawan otomotif.

“Chevrolet ingin selalu fokus kepada para pelanggannya dan tahun ini kami meningkatkan upaya di jejaring sosial melalui FB untuk memastikan bahwa setiap orang turut terlibat di dalamnya. Kami terus melakukan langkah agresif untuk meningkatkan interaksi di media sosial dan prestasi ini merupakan hasil menggembirakan atas semua kerja keras kami,” ujar Direktur Pemasaran Chevrolet Indonesia Meilita Iskandar dalam siaran pers, hari ini.

Awal tahun ini, Chevrolet Indonesia memperkenalkan produknya dengan lebih memanfaatkan jejaring sosial dan memastikan tidak hanya mendapatkan lebih banyak fans, tetapi juga menyajikan konten yang menarik untuk situs jejaring sosial Chevrolet.

Oktober lalu, Chevrolet meluncurkan webisode pertamanya, yakni film pendek berseri yang ditampilkan di YouTube bercerita tentang perjalanan keluarga Chevrolet yang mencari kerabat lamanya. Sebuah kisah perjalanan, yang diceritakan dalam empat episode, dari Jakarta menuju Lombok.

Webisode ini berhasil menarik lebih dari 3,4 juta penonton dalam lima minggu. Hal ini berhasil menggenjot jumlah penyebutan nama Chevrolet hingga 67% dan pertumbuhan jumlah penggemar Chevrolet di media sosial 42,7%. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s