Otomotif Masih Jadi Mesin Pertumbuhan Manufaktur

wpid-etiosin.jpg

Jakarta, autokritik — Industri manufaktur ditargetkan tumbuh 6,1% tahun depan, lebih besar dari proyeksi tahun ini sebesar 5,7-5,8%. Industri otomotif masih menjadi salah satu motor pertumbuhan industri, selain makanan dan minuman (mamin) olahan serta barang kayu dan hasil hutan lainnya.

Padahal, tahun depan, otomotif diperkirakan sulit tumbuh, seiring melorotnya daya beli konsumen dan overkapasitas yang terjadi di industri mobil. Pasar mobil dan motor diperkirakan stagnan tahun depan masing-masing sebanyak 1,2 juta unit dan 7,9 juta unit. Ekspor mobil CBU juga ditaksir stagnan pada level 200 ribu unit.

Target itu ditetapkan setelah melihat kinerja sektor industri nonmigas dalam dan tren meningkatnya investasi dalam tiga tahun terakhir,” ujar Menperin Saleh Husin di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, dengan target pertumbuhan industri sebesar itu, pertumbuhan ekonomi (PDB) diperkirakan berkisar 5,35,7% tahun depan. Per September 2014, pertumbuhan manufaktur 5,3% atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi sebesar 5,11%. Kontribusi terhadap PDB mencapai 20,65%, merupakan yang tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya.

Ekspor produk industri periode Januari-September 2014 mencapai US$ 87,85 miliar atau meningkat 5,45% dibandingkan periode sama 2013 dan memberikan kontribusi terhadap total ekspor nasional sebesar 66,20%. Neraca ekspor-impor produk industri pada periode itu defisit US$ 5,22 miliar, membaik dari tahun lalu sebesar US$ 16,13 miliar.

Penanaman modal dalam negeri (PMDN) industri pada periode itu mencapai Rp 41,84 triliun atau tumbuh 9,28% dari periode sama 2013, sedangkan penanaman modal asing (PMA) mencapai US$ 10,15 miliar atau menurun sebesar 18,33% dari periode sama 2013.(snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s