Bagusan Mana, Mio Blue Core atau Beat ESP?

alasan-all-new-honda-beat-pop-esp-lebih-murah-4naxb7cWtf

Jakarta, autokritik — Persaingan Honda dan Yamaha di segmen skutik memasuki babak baru. Ini setelah kedua merek Jepang itu memasang mesin anyar di dua skutik andalan, yakni Beat dan Mio.

Yamaha menyuntik model terbaru Mio M3 125 dengan mesin Blue Core, sedangkan dua model Beat terbaru, All New Beat dan All New Beat POP, disokong mesin enchanced smart power (ESP), yang sebelumnya ditancapkan di Vario dan PCX. Kira-kira, model apa yang memberikan banyak nilai tambah kepada konsumen?

Kita mulai dari mesin dulu, di mana Beat sudah kalah telak. Yamaha melakukan terobosan berani dengan mengerek kapasitas mesin Mio dari 113 cc (Mio J) menjadi 125 cc, sedangkan Beat tetap 110 cc. Alhasil, tenaga dan torsi Mio lebih besar ketimbang Beat.

Mesin Blue Core Mio M3 mampu menghasilkan tenaga 9,52 PS pada 8 ribu rpm, dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Jumlah itu di atas Beat yang hanya sanggup menghasilkan tenaga 8,52 PS pada 8 ribu rpm dan torsi 8,68 NM pada 6.500 rpm.

Terobosan brilian Yamaha lainnya adalah Eco Indicator di speedometer Mio yang berfungsi memberitahu pengendara ketika melaju pada kondisi performa mesin yang paling optimal, sehingga bahan bakar dapat dihemat hingga 60%. Fitur ini tadinya ada di mobil, terutama mobil-mobil Honda, mulai dari Mobilio hingga City. Bisa dibilang saat ini hanya Mio M3 yang memiliki fitur seperti ini.

Tangki bensin Mio M3 mencapai 4,2 liter, lebih besar dari Beat yang hanya 3,7 liter. Dengan keadaan tangki penuh, Yamaha mengklaim Mio M3 sanggup menempuh jarak 200 kilometer. Honda sebenarnya sudah mengupgrade tangki Beat dari sekitar 3 literan, namun tetap saja kalah dari Mio M3.

Dari sisi tampang, Mio M3 berbeda dibanding Mio J dan Mio GT. Adapun All New Beat tidak banyak berubah ketimbang versi lawas.

Terakhir, kita bicara soal harga jual. Untuk semua perubahan-perubahan penting tersebut, Yamaha membanderol M3 Rp 13-13,98 juta, dibanding Mio J Rp 12,95 juta. Adapun rentang harga varian Beat anyar berkisar Rp 13,85-14,95 juta.

Astra Honda Motor (AHM) rajin menaikkan harga Beat, mengingat motor ini laku keras dan menjadi motor terlaris di dunia dengan torehan penjualan 2 juta unit per tahun. Sebagai ilustrasi, autokritik membeli Beat FI Maret 2013 seharga Rp 12,75 juta. Itu artinya, dalam 19 bulan, harga Beat telah naik Rp 1,1 juta, dengan asumsi menggunakan harga varian terendah. (snx)

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s