Nissan Terkapar, Penjualan Jeblos 42%

paultan.org

paultan.org

Jakarta, autokritik ā€” 2014 merupakan tahun yang berat bagi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku APM dan pabrikan Nissan di Indonesia. Bulan lalu, penjualan Nissan jeblos 42% menjadi 1,707 unit, dibanding bulan sebelumnya sebanyak 2.951 unit.

Akumulasi penjualan merosot 57% menjadi 32 ribu unit, dibanding periode sama tahun lalu sebanyak 56 ribu unit. Penurunan penjualan Nissan jauh di atas pasar yang hanya 0,2% menjadi 1,129 juta unit, dari 1,132 juta unit.

Salah satu general manager NMI menyatakan, kemerosotan penjualan disebabkan kekalahan Nissan di medan perangb diskon. Saat ini, Nissan hanya berani memberikan diskon Rp 17-20 juta untuk model andalan Grand Livina, sedangkan rival-rival Nissan berani memberikan diskon Rp 20 juta ke atas, bahkan ada yang Rp 30-35 juta.

Seorang teman autokritik yang baru membeli Avanza mendapatkan diskon Rp 26 juta. Diskon yang besar ini mampu meyakinkannya untuk membeli Avanza ketimbang model LMPV lain seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dan MPV medium seperti Grand Livina.

NMI kemungkinan bakal memangkas target penjualan tahun fiskal yang berakhir Maret 2015 menjadi 40-45 ribu unit dari sebelumnya 50 ribu unit. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s