Ini Kiat Tarik Teknologi Prinsipal Otomotif

wpid-etiosin.jpg

Jakarta, autokritik — Alih teknologi otomotif mahal, sehingga prinsipal tidak akan memberikannya secara gratis. Prinsipal harus diberikan semacam kawasan berikat untuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan (research and development/R&D), di mana tahap awal seluruh karyawan diimpor.

Di kawasan berikat, semua impor produk dibebaskan dari bea masuk (BM). Ini merupakan salah satu bentuk insentif yang diberikan pemerintah.

Setelah berjalan, barulah tenaga-tenaga lokal mengisi pos-pos strategis. Dari situlah tercipta penguasaan teknologi sebagai cikal bakal membangun merek otomotif sendiri.

Seorang pebisnis otomotif kawakan menyatakan, Indonesia juga harus mempersiapkan diri dalam menyambut alih teknologi prinsipal. Artinya, harus disiapkan SDM-SDM yang mengerti basis rancang bangun, engineering, dan pengecoran logam proses manufaktur otomotif.

Jadi Indonesia perlu membangun banyak sekolah-sekolah teknik, bahkan kalau perlu universitas khusus otomotif untuk melahirkan SDM-SDM andal,” kata dia, hari ini.

Indonesia, kata dia, juga perlu memetakan teknologi otomotif mana yang ingin dikuasai, apakah fabrikasi baja untuk bodi, mesin, rancang bangun, atau pengecoran logam. Sebab, semua proses itu membutuhkan teknologi khusus. Prinsipnya, otomotif media di mana berbagai macam teknologi bergabung.

Jika SDM telah mapan, dia melanjutkan, pemerintah bisa mulai mendekati prinsipal otomotif untuk mengalihkan sebagian teknologi. Pemikiran ini sebenarnya sudah tertuang dalam Indonesia-Japan Economic Comprehensive Agreement (IJ-EPA) melalui skema Manufacturing Industry Development Center (Midec). Sayang Midec baru sebatas pelatihan dan belum menyentuh persoalan mendasar, yakni alih teknologi.

Ini yang harus kita pikirkan bersama. Intinya adalah mendorong prinsipal untuk melakukan alih teknologi,” kata dia. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s