Efek Jokowi Terkubur, Rupiah Jeblok ke Titik Nadir

yokowi

OTOMOTIF KIAN SENGSARA

Jakarta, autokritik — Efek Jokowi yang digadang-gadang bisa mengangkat rupiah dan pasar saham terbukti hanya ilusi, terkubur dalam mimpi para neolib. Sebaliknya, rupiah dan obligasi negara turun sepanjang pekan ini dengan level terbesar dalam dua bulan terakhir, seiring membaiknya ekonomi AS yang mendorong terjadinya perburuan dolar.

Berdasarkan laporan Bloomberg mengutip data dari salah satu bank lokal, rupiah turun 0,8% menjadi Rp 12.323 per dolar AS dari posisi 28 November sebesar Rp 12.305 per dolar AS. Rupiah menyentuh titik nadir sejak Desember 2008.

Salah satu media asing pendukung Jokowi sejati ini mencatat, di pasar luar negeri, rupiah jeblok 0,4% menjadi Rp 12.357. Kontraksi itu lebih besar dari kemarin yang hanya 0,2%.

“Tren pelemahan rupiah terhadap dolar AS bakal terus berlanjut. Beberapa unit bisnis perusahaan multinasional di Indonesia bakal membutuhkan banyak dolar untuk memasok dividen ke perusahaan induk,” ujar ekonom BNI Securities Heru Irvansyah, hari ini.

Pelemahan rupiah membuat industri mobil kian sengsara. Sebab, ongkos produksi dipastikan membengkak lantaran sebagian komponen dan bahan baku masih diimpor. Di saat yang sama, penjualan tahun ini stagnan, seiring rontoknya harga komoditas yang menggerus daya beli konsumen luar Jawa. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan industri sebelum mengerek harga jual. Jika harga jual ditahan, margin laba bersih dipastikan habis termakan lonjakan biaya produksi.

Catatan Autokritik, hanya mobil murah yang masih diburu konsumen, setelah harganya naik. Sisanya jeblok. Pabrikan kemungkinan bakal menaikkan harga jual semua tipe awal tahun ini, didorong kenaikan bea balik nama (BBN). (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s