Nippon Steel Setop Ekspor Baja Otomotif ke RI

nippon steel

Nippon Steel Janji Setop Ekspor Baja Otomotif ke RI

Jakarta, autokritik — Raksasa baja otomotif Jepang Nippon Steel berjanji menghentikan ekspor ke Indonesia setelah pabrik patungan dengan PT Krakatau Steel Tbk (KS) beroperasi selama tiga tahun. Pembangunan pabrik berkapasitas 500 ribu ton per tahun yang menelan investasi US$ 300 juta ini bakal rampung 2017.

Perusahaan patungan KS dan Nippon Steel bernama PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS). Modal disetor mencapai US$ 142 juta, di mana Nippon Steel menguasai 80% saham, sedangkan KS 20%.

Sesuai perjanjian kerja sama yang diteken KS dan Nippon Steel, baja produksi pabrik ini bakal mensubstitusi produk impor, termasuk produk Nippon Steel yang diproduksi di Jepang. Selama ini, Nippon Steel gencar mengekspor baja ke Indonesia lantaran prinsipal ogah menggunakan baja buatan lokal.

Presiden Direktur KS Irvan Hakim meyakini, pihaknya bisa bersaing dengan baja impor untuk memenuhi kebutuhan baja industri otomotif dalam negeri. Perusahaan akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing, mulai dari produksi hingga pemenuhan jadwal pengiriman. Upaya itu juga akan didukung oleh ketersediaan gudang untuk stok.

“Saat ini, pangsa pasar kami di pasar baja otomotif baru berkisar 7-13%. Kami berharap, dengan beroperasinya pabrik patungan dengan Nippon Steel, pangsa pasar naik menjadi 27% dalam 2-3 tahun setelah pabrik beroperasi,” kata dia, belum lama ini.

Dia menyatakan, memasok baja ke industri otomotif adalah tantangan bagi perusahaan. Selama ini, pabrikan mobil di Indonesia memilih menggunakan baja impor, terutama dari Jepang, karena mengikuti langkah prinsipal. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s