Texmaco Hancur Dihajar Konspirasi Otomotif Global

image

Jakarta, autokritik — Grup Texmaco sempat memproduksi truk Perkasa awal 2000-an. Namun, perusahaan ini dibangkrutkan pemerintah karena kredit macet senilai US$ 1,2 miliar.

“Konspirasi global tidak senang Indonesia mempunyai industri otomotif. Mereka hanya ingin Indonesia menjadi pasar, sehingga Texmaco dibunuh lewat kebijakan pemerintah,” ujar salah seorang petinggi Texmaco, hari ini.

Dia menyatakan, Texmaco sanggup memproduksi otomotif dari hulu ke hilir, mulai dari sasis, mesin, gardan, dan beberapa komponen penting lainnya. Hanya kruk as yang masih diimpor. Pabriknya berada di Subang, Jawa Barat.

Bus sempat diekspor ke Arab dan digunakan tentara. Namun, produksi truk berhenti sejak 2004. Status pabrik kini almarhum.

Di kompleks pabrik itu, terdapat fasilitas fabrikasi metal, penempaan (forging) baja untuk aplikasi industri, dan gir dengan berbagai macam ukuran. Pendeknya, di pabrik ini, aneka barang modal diproduksi.

Tiga fasilitas ini masih beroperasi, kendati jauh di bawah kapasitas terpasang lantaran keterbatasan modal. Ini karena sang bos Marimutu Sinivasan tidak diperkenankan membuka rekening bank. Alhasil, perusahaan tidak bisa mendapat pinjaman modal kerja.

Pemerintah SBY tak memiliki hasrat untuk membangkitkan kembali Texmaco. “Jadi kami tunggu Jokowi di sini. Kalau dia memang mau lihat Indonesia bangkit, bisa dimulai dari sini,” kata dia.(snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s