Ahok Tak Perlu Impor Bus Cina

image

Subang, autokritik — Pemprov DKI yang dikendalikan Ahok seharusnya tak perlu mengimpor bus Cina yang kualitasnya rendah. Industri lokal sanggup memasok kebutuhan bus Transjakarta asalkan diberi kesempatan.

Salah seorang industrialis nasional menerangkan, Indonesia sanggup memproduksi bus sendiri dengan merek sendiri. Hal ini sudah dilakukan Grup Texmaco dengan merek dagang Perkasa. Sayang Perkasa tinggal sejarah karena dibangkrutkan pemerintah.

“Yang harus dilakukan adalah menentukan standar tinggi sebuah bus. Kita bisa menarik jagoan-jagoan Eropa seperti Volvo untuk mewujudkan hal ini,” kata dia, hari ini.

Texmaco, kata dia, sanggup memproduksi bus dengan kandungan lokal 90%. Mesin dan sasis diproduksi sendiri tanpa campur tangan prinsipal Jepang, Eropa, atau Amerika Serikat (AS). Hanya kruk as yang masih diimpor. Namun, itu tidak menjadi masalah, mengingat saat ini otomotif mencari sumber komponen termurah yang masuk skala ekonomi.

Sebelumnya, Ahok bertemu Walikota Beijing di kantornya. Beijing menawarkan Ahok membeli bus Foton. Ahok diberikan satu bus purwarupa untuk uji coba. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s