Avanza Bertahan, Xenia Boncos

image

Jakarta, autokritik — Toyota Avanza bertahan di posisi puncak pasar kendaraan multiguna bawah (low multi-purpose vehicle/LMPV) domestik. Sementara itu, kembaran Avanza, Daihatsu Xenia, tersingkir dari posisi dua digantikan Honda Mobilio.

Xenia melorot ke peringkat empat pasar LMPV. Bertengger di peringkat tiga adalah Suzuki Ertiga.

Per Oktober 2014, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Avanza mencapai 137.763 unit, Mobilio 63.278 unit, Ertiga 42.610, Xenia 41.172 unit, dan Suzuki APV 9.521 unit. Pada periode sama tahun lalu, penjualan Avanza mencapai 177.026 unit, Xenia 59.427 unit, Ertiga 55.306 unit, dan APV 12.417 unit. Mobilio baru masuk pasar tahun ini.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menerangkan, Avanza masih dianggap MPV ideal bagi keluarga Indonesia. Pangsa pasar Avanza per Oktober 2014 mencapai 40%. Total populasi Avanza sejak diluncurkan pada 2004 mencapai 1,2 juta unit.

“Kehadiran Avanza telah menstimulus berkembangnya industri otomotif nasional dan membantu mobilisasi kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan kandungan lokal sebesar 85%, kehadiran Avanza mendukung perkembangan industri otomotif dalam negeri. Selain itu, Avanza telah diekspor ke 35 lebih negara,” kata Samulo di Jakarta, akhir pekan lalu. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s