Menperin Minta AHM Gunakan Desain Lokal

image

Jakarta, autokritik– Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meminta PT Astra Honda Motor (AHM) tak sekadar berdagang dan memproduksi motor, melainkan juga menggunakan jasa desain lokal. Tujuannya agar sepeda motor yang dihasilkan memiliki ciri unik sesuai khas rakyat Indonesia.

“Dengan demikian, sepeda motor Honda akan semakin dicintai oleh rakyat Indonesia,” kata Saleh dalam keterangan resmi, kemarin.

Dia juga meminta perusahaan milik Grup Astra dan Honda Motor Co Ltd itu membantu pengembangan industri komponen lokal. Hal ini penting dilakukan demi meningkatkan daya saing industri sepeda  motor. Dengan kuatnya industri komponen, ketergantungan tinggi terhadap komponen impor bisa dipangkas. 

Jumat lalu, Menperin berkunjung ke pabrik baru AHM di Karawang, Jawa Barat, berkapasitas 1,1 juta unit per tahun dan menelan investasi Rp 3,3 triliun. Ini merupakan pabrik keempat AHM. Tiga pabrik lainnya berada di Cikarang, Pegangsaan, dan Sunter.

Kementerian Perindustrian  mencatat total tenaga kerja yang terserap di sektor motor mencapai 1,8 juta orang.  Sementara itu, dalam dua tahun terakhir, penjualan motor meningkat secara signifikan, dari 7,06 juta unit tahun 2012 menjadi 7,74 juta unit pada  2013.  Diperkirakan tahun ini penjualan berkisar  7,7-7,8 juta unit. Capaian ini telah memposisikan Indonesia sebagai produsen sepeda motor ketiga di dunia setelah China dan India.

Saleh menyatakan, industri sepeda motor ke depan akan terus dikembangkan secara bersamaan dengan industri alat transportasi lainnya.  Oleh karena itu, AHM dan mitra usahanya diharapkan terus meningkatkan investasinya dalam membangun industri sepeda motor di Indonesia. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s