Jokowi Ingin Gebuk Mobil Murah, JK Pasang Badan

image

Jakarta, autokritik – Jokowi, presiden RI yang disanjung asing di KTT APEC 2014, ingin menghajar mobil murah ramah lingkungan alias LCGC. Ini dendam kesumat yang belum terbayar sewaktu sejak dia menjabat gubernur DKI.

Harian bisnis projo Kontan tanpa ragu dan bersalah menulis di halaman depan niatan Jokowi melibas LCGC setelah pria Solo itu jadi presiden RI. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) siap pasang badan.

Kemarin, JK memastikan  pemerintah akan melanjutkan program mobil murah yang digulirkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2013.

 “Kalau tidak produksi di sini, orang akan membeli dari Thailand yang dapat bea masuk 0%. Jadi, lebih baik kita  rebut pasar sendiri  daripada pasar kita dimasuki negara lain. Karena mobil kelas itu sudah mulai diproduksi di Thailand.  Itu filosofinya,” kata JK

JK mengatakan,  Presiden Joko Widodo ketika masih menjabat  gubernur DKI Jakarta secara terang-terangan menolak kehadiran kendaraan LCGC  karena berpotensi menambah kemacetan di Ibu Kota. Namun, setelah menjabat sebagai presiden, pandangan itu telah berubah karena lingkup penggunaan LCGC  menjadi lebih luas, tidak hanya terbatas  di  Jakarta.

Apalagi, lanjut JK, kendaraan LCGC  tidak mengotori lingkungan (clean energy ), juga berpotensi untuk dipasarkan ke negara-negara Asean. 

“Waktu itu kan Pak Jokowi berbicara sebagai gubernur,  jadi pandangannya terbatas di Jakarta. Tapi  kita harus memandang ke seluruh Indonesia. Tentu tidak sama lagi pandangan itu,” kata dia.

Meskipun demikian, kata JK, diperlukan aturan yang tepat agar dapat melanjutkan produksi LCGC di Indonesia.

 “Aturan pemerintah itu berkelanjutan. Kalau aturan dari pemerintah lama  dipotong pemerintah baru, itu namanya bukan pemerintah,” kata dia. (Investor Daily/b1, diolah)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s