Industri Pertanyakan Larangan Motor Lintasi Thamrin

image

Jakarta, autokritik – Industri sepeda motor pertanyakan rencana Pemprov DKI melarang motor melintasi Jalan MH Thamrin mulai Desember mendatang. Pabrikan menilai kebijakan itu harua dikaji secara matang sebelum diberlakukan.

Wakil Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) Johannes Loman menyatakan, pabrikan pada dasarnya akan mematuhi setiap aturan pemerintah pusat dan daerah. Dia merespons positif upaya Pemprov DKI rezim Ahok menyediakan bus untuk mengangkut para pemotor.

Namun, dia menilai kemacetan bukan semata-mata disebabkan sepeda motor. Untuk itu, pelarangan tersebut harus memiliki kajian khusus, terutama soal dampaknya terhadap masyarakat.

Meski efek awal hanya dirasakan oleh konsumen, menurut Johannes, ndustri akan terkena dampak jika area pelarangan diperluas.

“Kalau dilihat jalurnya itu saja, tidak berpengaruh, tapi kalau diperluas, akan berpengaruh,” ujar Johannes di Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Ketua Bidang Komersial Aisi Sigit Kumala meragukan upaya itu bisa mengurangi kemacetan dan mortalitas pemotor.  Pemprov  seharusnya memperhitungkan pengantar barang yang menggunakan sepeda motor dan ojek di sepanjang jalan tersebut. Oleh karena itu, dia mengusulkan aturan tersebut berlaku hanya pada jam-jam tertentu seperti 3 in 1. 

“Bagaimana buat pengantar barang? Apakah mereka juga harus ikut naik bus gratis?  Begitu juga dengan ojek, mereka kan mencari nafkah. Jadi usulannya ada jam tertentu yang boleh lewat,” ujar Sigit.

Senada dengan Johannes, menurut dia aturan ini belum berpengaruh signifikan terhadap industri. Apalagi, Jakarta berada di urutan ketiga penjualan motor nasional. Dampaknya akan terasa jika areanya di perluas.

“Kalau area diperluas baru akan terasa, yang semua transportasi disediakan. Tapi harus dipikirkan buat yang tadi,” ujar Sigit. (ID)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s