Adira Setor Rp 2,5 Triliun ke Danamon

Logo Adira

Logo Adira

TEMASEK BISA DAPAT RP 1,6 T

Jakarta, aurokritik—PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) membagikan dividen tunai Rp 2,7 triliun atau Rp 2.700 per saham. Dari jumlah itu, Bank Danamon Tbk selaku pemegang 95% saham Adira mendapat Rp 2,5 triliun.

Temasek, perusahaan investasi Singapura sekaligus induk usaha Danamon, secara tidak langsung juga bakal kecipratan dividen Adira. Dengan kepemilikan 67% saham pada Danamon, jatah Temasek sekitar Rp 1,6 triliun.

Pembagian dividen telah disetujui rapat umum pemegang saham tahunan Adira Mei lalu. Cum dividen di pasar reguler dan negosiasi jatuh pada 11 November 2014, sedangkan ex dividen 12 November.Cum dan ex dividen di pasar tunai masing-masing pada 14 dan 17 November 2014. Pembayaran dividen dilakukan pada 28 November 2014.

Laba bersih Adira rontok 45% menjadi Rp 688 miliar per September 2014, dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 1,2 triliun. Penurunan itu dipicu membengkaknya beban bunga dan keuangan menjadi Rp 1,6 triliun dari Rp 1,1 triliun.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan belum lama ini, perusahaan pembiayaan dan asuransi kendaraan bermotor ini meraup pendapatan Rp 6,1 triliun, naik dari sebelumnya Rp 5,9 triliun. Selain beban bunga, anak usaha Bank Danamon sekaligus cucu usaha Temasek Singapura ini harus membayar beban gaji dan tunjangan Rp 1,4 triliun dari sebelumnya Rp 1,3 triliun. Penyisihan pembiayaan konsumen Rp 1,2 triliun, naik dari Rp 935 miliar juga menekan laba bersih Adira. Laba bersih per saham tercatat mencapai Rp 688 dari Rp 1.237. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s