Induk Grup Astra Raih Untung Rp 18,5 Triliun!!!!!

Kantor Grup Astra di Sunter..Dari gedung inilah Jardine Inggris meraup duit

Kantor Grup Astra di Sunter..Dari gedung inilah Jardine Inggris meraup duit

TANGGOK DUIT DARI PENJUALAN OTOMOTIF RI

Jakarta, autokritik — Jardine Strategic Holdings, induk usaha Grup Astra, kelompok usaha otomotif terbesar nasional, meraup laba bersih sebesar US$ 1,6 miliar atau Rp 18,5 triliun tahun lalu, naik 3% dari 2012. Pendapatan Jardine lebih fantastis lagi, yakni US$ 61,4 miliar alias Rp 712 triliun.

Jardine termasuk salah satu perusahaan yang meraup untung besar dari bisnis otomotif di Indonesia selain Grup Toyota, Honda, Isuzu, dan sejumlah prinsipal otomotif dan komponen yang bermitra dengan Grup Astra.

Tahun lalu, Grup Astra meraih laba bersih Rp 19,4 triliun, hasil dari berdagang mobil, kelapa sawit, alat berat, batubara, dan beberapa bisnis lainnya.

Astra mengusulkan rencana pembagian dividen final 2013 sebesar Rp 6,1 triliun atau setara Rp 152 per saham. Sebelumnya, perseroan telah membayar dividen interim Rp 2,6 triliun atau Rp 64 per saham. Dengan demikian, total dividen Astra bakal mencapai Rp 8,7 triliun atau Rp 216 per saham.

Jardine Cycle & Carriage Ltd, anak usaha Jardine Matheson Holdings yang berbasis di Singapura, menguasai 50,11% saham Astra. Dengan demikian, total dividen 2013 Grup Astra yang masuk ke kantong Jardine mencapai Rp 4,35 triliun.

Tahun lalu, penjualan sepeda motor PT Astra Honda Motor (AHM) meningkat 15% menjadi 4,7 juta unit, dengan peningkatan pangsa pasar dari 58% menjadi 61%. Sedangkan penjualan mobil Grup Astra naik 8% menjadi 655 ribu unit.

Selain Astra, mesin duit Jardine, yang berbasis di Inggris, adalah Hong Kong Land, perusahaan properti yang berkiprah di Hong Kong.

“Bisnis kami tahun ini akan dipengaruhi penurunan kontribusi dari Hong Kong Land dan efek depresiasi rupiah terhadap kinerja Astra,” ujar bos besar Jardine Sir Henry Keswick seperti dilansir Fe Investigate, hari ini. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s