Motor Tambah Banyak, Honda Jepang Bawa Pulang Rp 2,4 Triliun

Beginilah pemandangan jalanan di Jakarta yang tiap hari makin bikin orang stress

Beginilah pemandangan jalanan di Jakarta yang tiap hari makin bikin orang stress

Jakarta, autokritik — PT Astra Honda Motor (AHM), perusahaan patungan Grup Astra dan Honda Motor Co Ltd, meraup laba bersih Rp 4,8 triliun tahun lalu, naik 9% dari 2012 sebesar Rp 4,4 triliun. Dari jumlah itu, sebanyak Rp 2,4 triliun milik Grup Astra dan sisanya dibawa ke Jepang oleh Honda Motor.

Dalam laporan keuangan Grup Astra yang dirilis hari ini disebutkan, hak Astra atas laba bersih AHM mencapai Rp 2,4 triliun berdasarkan basis kepemilikan saham 50%. Dengan demikian, total laba bersih AHM, pabrikan dan APM motor Honda di RI, mencapai Rp 4,8 triliun. Laba itu dibagi dua ke Grup Astra, perusahaan yang dikendalikan Grup Jardine dari Inggris, dan Honda Motor masing-masing Rp 2,4 triliun.

Honda memang makin eksis di negeri ini. Motor-motor Honda dengan mudah dijumpai di seluruh penjuru nusantara. Tahun lalu, penjualan motor Honda naik 15% menjadi 4,7 juta unit, dengan peningkatan pangsa pasar dari 58% menjadi 61%.

Total penjualan motor tahun lalu naik 8,8% menjadi 7,7 juta unit. Pebisnis motor menilai, kondisi transportasi massal yang hancur lebur membuat penjualan motor tumbuh subur di RI.

Laporan keuangan itu tak menyebutkan berapa pendapatan AHM. Tapi, kalau harga satu motor diasumsikan Rp 15 juta, AHM meraup pendapatan Rp 70 triliun tahun lalu. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s