Astra Menang Banyak dari Mobil Murah

Di sinilah semuanya berawal.

Di sinilah semuanya berawal.


KEMACETAN BELAKANGAN, YANG PENTING UNTUNG GEDE

Jakarta, autokritik — Grup Astra, konglomerasi otomotif terbesar di Indonesia milik perusahaan investasi Inggris Jardine Group, menang banyak dari program mobil murah yang disokong penuh pemerintah melalui pemberian insentif pembebasan pajak barang mewah.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan duet mobil murah Astra, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, mencapai 10.296 unit pada bulan lalu atau menguasai 72% pasar mobil murah nasional. Sisanya dikasih ke Honda Brio Satya dan Suzuki Karimun Wagon R.

Tahun lalu, Grup Astra yang menguasai 50% lebih pasar mobil domestik dan 61% pasar sepeda motor juga mendominasi pasar mobil murah yang menuai kontroversi di masyarakat. Dari total 51 ribu unit mobil murah yang terjual, Agya-Ayla menyumbangkan 41 ribu unit.

Danareksa Sekuritas, broker saham lokal menyatakan, mobil murah alias LCGC mampu menggebrak lantaran harganya kompetitif. Namun, dari pengamatan Danareksa, LCGC belum mampu mengikis dominasi MPV murah (low MPV) secara radikal.

“Kontribusi low MPV bulan lalu hanya terkikis 1% menjadi 28% dari Desember 2013 sebesar 29%,” tulis Danareksa. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s