Wah, Toyota Cuma Pakai 22 Pemasok Komponen Lokal

Gambar

Jakarta, autokritik — PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), anak usaha Toyota Motor Corp (TMC), hanya memiliki sekitar 22 pemasok komponen lokal dari total 110 pemasok. Sebanyak 60% pemasok perusahaan asosiasi Grup Astra, konglomerasi otomotif terbesar se-Indonesia, itu merupakan perusahaan patungan (joint venture/JV) yang mayoritas sahamnya dikuasai perusahaan asing. Sisanya sebesar 20% merupakan pengusaha Jepang.

Hal itu diutarakan bos TMMIN Masahiro Nonami belum lama ini. Ketika itu, Nonami dengan bangga menyebutkan muatan lokal Toyota Vios dan Limo produksi TMMIN mencapai 60% dan dalam beberapa tahun mendatang bakal ditingkatkan menjadi 70%.

“Lokalisasi Vios dan Limo serta Yaris yang akan dilakukan tahun depan berdampak positif bagi ekonomi Indonesia. Proyek ini menarik 500 tenaga kerja baru,” kata Nonami.

TMMIN tengah menambah kapasitas pabrik Karawang 2 sebesar 50 ribu unit. Begitu tuntas, kapasitas pabrik ini naik menjadi 120 ribu unit. Perusahaan yang 95% sahamnya dikuasai TMC ini juga memiliki pabrik Karawang 2 berkapasitas 130 ribu unit. Dengan demikian, total kapasitas produksi TMMIN tahun depan naik menjadi 250 ribu unit per tahun.

Direktur Kemenperin Soerjono dalam sambutannya pada acara produksi perdana Vios meminta TMMIN memperdalam struktur industri dengan menggunakan komponen lokal. Dia siap bekerja keras dan membantu Jepang memacu penjualan di RI dan pasar ekspor. (snx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s