Toyota Balas Dendam?

Jakarta, autokritik — PT Toyota Astra Motor (TAM) menyerang balik rival-rivalnya, terutama Suzuki dan Honda, pada bulan lalu. Agen pemegang merek (APM) Toyota itu meningkatkan pasokan mobil ke dealer atau yang biasa disebut penjualan secara wholesales.

Perusahaan patungan Grup Astra dan Toyota Motor Corp, prinsipal mobil terbesar di Jepang itu, mampu menorehkan rekor penjualan bulanan tertinggi sepanjang 2013 pada April lalu, yakni 39.668 unit, naik 21,2%dibanding Maret 32.726 unit.
 
Jika dibandingkan dengan bulan sama pada 2012, penjualan Toyota tumbuh 15,8%. Akumulasi penjualan sampai April 2013 mencapai 143.635 unit atau tumbuh 10,2% dibandingkan periode sama tahun lalu 130.317 unit.

“Sejumlah line up produk mencatatkan tren pertumbuhan positif pada bulan lalu,” ujar
General Manager Corporate Planning & Public Relation TAM Widyawati di Jakarta, hari ini.

Sebaliknya, penjualan Honda melorot 42% dan Nissan ambles 26%. Hanya Suzuki yang mencetak pertumbuhan penjualan sebesar 55%.

Pangsa pasar Toyota masih terbesar, yakni 36,1%, diikuti Daihatsu (14,5%), Mitsubishi
(13,2%) dan Honda (8,4%). Sepanjang tahun ini, pangsa pasar Toyota digerus Suzuki dan Honda. Jadi, ceritanya balas dendam nih dengan genjot wholesale???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s