Mantan Bos Astra Asyik Dagang Mobil Bekas

Jakarta, autokritik — TP Rachmat keluar dari PT Astra International Tbk, perusahaan otomotif terbesar di Tanah Air, pada 2002. Lepas dari situ, mantan presiden direktur Astra itu getol berdagang mobil bekas melalui perusahaannya, PT Adi Sarana Armada Tbk (Assa Rent).

Hasilnya cukup lumayan. Kinerja Assa Rent, yang merupakan bagian dari Grup Triputra, kelompok usaha yang dibentuk TP Rachmat, terus meningkat. Bahkan, pada kuartal I-2013, Assa mampu meraup pertumbuhan laba bersih yang fantastis, sebesar 351% menjadi Rp 21 miliar. Pendapatan melonjak 49,4% menjadi Rp 239 miliar.

Assa Rent menjual mobil merek Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, dua mobil serbaguna produksi Astra. Selain menjual mobil seken, Assa Rent menggarap bisnis penyewaan mobil.

Analis CIMB Securities Hadi Soegiarto mengatakan, bisnis penjualan mobil bekas dan bisnis rental akan menjadi penguat utama pertumbuhan kinerja keuangan Assa Rent ke depan.

“Kedua bisnis ini telah terbukti sebagai penggerak utama pertumbuhan kinerja keuangan perseroan hingga kuartal I-2013,” ujarnya dalam riset yang diterbitkan di Jakarta, Kamis (2/5).

Pihaknya meyakini pertumbuhan kinerja keuangan perseroan bakal berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Pendapatan dan laba bersih tahun ini diprediksi naik menjadi masing-masing Rp 1,03 triliun dan Rp 88,5 miliar. Adapun target pendapatan dan laba bersih tahun 2015 diharapkan meningkat menjadi Rp 1,53 triliun dan Rp 147,6 miliar.

“Kami merekomendasikan outperform saham ASSA dengan target harga Rp 500. Target ini mencerminkan ekspektasi PE dan PBV masing-masing 14 kali dan 1,51 kali,” tuturnya. Pada perdagangan hari ini, saham Assa Rent berkode ASSA ditutup menguat Rp 5 menjadi Rp 370 per saham. (Luhut, kontributor autokritik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s